Senin, 07 Mei 2012

Mitos Seputar Haid…Benar ngak, sih?

Yang Bikin Postingan : Unknown di 21.04
Assalamualaikum….

Wuidiiihh… lama gak nge blog, langsung ngepost yang rada-rada tabu dibicarain di depan umum nih. (Hehehe… gak segitu juga kale :p)

Yuhuu… Ada yang bilang, kalo lagi haid mitosnya nga boleh begini. Ada juga yang bilang, kalo lagi haid mitosnya harus begitu. Entah karna lagi M, jadi pengen tau, bener ngak sih mitos-mitos seputar haid yang pernah di dengar selama ini. Buat para sobat ladies, jadi pengen tahu juga kan. Cekidot aja dulu :p

Dari hasil persemedian dengan mbah gugel (hehe :p), ini nih beberapa informasi yang dikutip dari berbagai sumber. Semoga membantu, Sob ^_^

Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah...?
FAKTA: Hasil penelitian menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar banyaknya kira-kira hanya 50-150 mililiter atau sekitar empat sampai enam sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan menjadi lemas hanya karena sedang menstruasi.

Sedang menstruasi = sedang sakit...?
FAKTA: Justru sebaliknya, menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh setiap wanita produktif. Menstruasi berarti wanita tersebut sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

Minuman bersoda dapat memperlancar keluarnya darah menstruasi...?

FAKTA : Tidak ada penelitian medis yang membuktikan kandungan minuman soda dapat memperlancar keluarnya darah saat menstruasi. Justru minuman bersoda jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung (maag-gastritis) dapat meningkatkan keluhan seperti mual bahkan muntah saat menstruasi. Keluarnya darah menstruasi, apakah itu sedikit atau banyak ditentukan oleh kerja hormon tubuh saat itu dan setiap perempuan tidak mungkin sama. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk keluarnya darah menstruasi (durasi menstruasi) sekitar 3-7 hari.

Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan...?

FAKTA : Secara medis justru pembalut merupakan metode perawatan selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembab. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi dan iritasi. Hal ini tergantung dari sensitivitas organ kelamin perempuan yang masing-masing orang berbeda. Disarankan agar saat menstruasi untuk sesering mungkin mengganti pembalut (idealnya setiap 4 jam) terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah haid dan setelah buang air kecil atau besar.

Jika saat menstruasi selalu merasakan nyeri perut, itu menandakan ada penyakit kista...?

FAKTA : nyeri perut bawah yang dirasakan saat menstruas adalahi normal terjadi pada setiap perempuan dengan perbedaan rasa nyeri (ringan sampai berat) tergantung dari kesehatan fisik dan psikis saat itu (keletihan, emosi tidak stabil, daya tahan tubuh). Biasanya rasa nyeri terjadi tidak lebih dari 3 hari dan sifat nyeri akan berkurang seiring dengan berkurangnya darah menstruasi yang keluar. Saat ini, gejala dari penyakit kista tidak jelas, sebagai antisipasinya, jika nyeri menstruasi terasa hebat bahkan tidak tertahankan (pingsan), nyeri dirasakan lebih dari 3 hari bahkan jumlah darah menstruasi terasa banyak terus tiap harinya, terjadi terus menerus setiap siklus menstruasi (3-6 bulan berturut-turut), segeralah berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebabnya, namun belum tentu itu adalah kista.

Saat menstruasi dilarang berenang karena akan menyebabkan kemandulan...?

FAKTA : Tidak ada larangan medis dan hubungannya dengan kemandulan untuk berenang disaat menstruasi jika para perempuan saat menstruasi benar-benar memastikan kenyamanan pembalut dan pakaian renang yang digunakan. Namun sebaiknya dilihat kembali yang menjadi prioritas kamu saat itu, aktifitas berenang atau kenyamanan menstruasi. Jika kamu sudah yakin akan pembalut dan pakaian renang yang digunakan, tidak ada salahnya untuk berenang.

Haid yang normal berlangsung seminggu...?

FAKTA : Tentu saja ini salah! Setiap wanita pasti memiliki masa haid yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Wanita yang memiliki masa haid tiga, empat atau lima hari masih dianggap normal.

Jangan minum es saat menstruasi...?

FAKTA : Sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Terutama efek menghambat aliran darah. Selama tidak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es sah-sah saja kok…

Mengaruk selagi haid dapat menimbulkan stecthmark atau guratan...?

FAKTA :  Stretchmark merupakan guratan putih di tubuh seperti kulit jeruk, yang muncul akibat kulit meregang dalam waktu yang singkat atau drastis, kemudian pecah sehingga permukaan kulit menipis dan kehilangan elastisitasnya. Misalkan terjadi akibat kehamilan, perubahan berar badan, faktor genetis, atau faktor obat. Jadi nga ada hubungannya antara sttecthmark dengan haid.

Darah yang keluar semasa haid adalah darah kotor...?

FAKTA : Haid adalah proses normal ketika dinding rahim luruh akibat nggak dibuahi. Pendarahan haid terjadi di dalam rahim dan bukan di dalam vagina.Jadi, darah haid bukan darah kotor dan nggak menyebarkan penyakit. Namun selama menstruasi wanita memang harus menjaga kebersihan kelamin dengan rajin mengganti pembalut dan celana dalam agar nggak menjadi media tumbuhnya kuman dan jamur.

Nggak diperbolehkan keramas selama haid...?

Fakta : Selama haid, produksi keringat dan kelenjar minyak justru lebih banyak bila dibandingkan dengan hari hari tidak haid, termasuk minyak di kulit kepala. Oleh karena itu selama datang bulan, wanita justru dianjurkan untuk lebih sering rajin membersihkan tubuh dan salah satunya keramas.

Seorang perempuan akan menjadi mudah sedih, mudah marah atau mellow alias sensitif menjelang atau disaat menstruasi...?
FAKTA : PMS atau pre-menstruasi syndrome bisa berupa perubahan emosional seperti tiba-tiba jadi sedih, mudah tersinggung atau sensitif. Hal ini dikarenakan perubahan kerja hormon sementara. Namun tidak semua perempuan mengalaminya. Semua tergantung dari kontrol diri kita sehari-hari karena perubahan emosional juga bisa terjadi kapan saja baik perempuan maupun laki-laki karena ini menyangkut kontrol diri masing-masing individu dan bagaimana dia bersikap.

Wanita yang sedang haid tidak boleh atau tidak bisa beribadah...?
FAKTA : Kaum wanita (terutama muslimah) yang sedang haid dapat melakukan banyak hal yang dapat dikategorikan sebagai ibadah, misalnya: berwudhu, berdzikir, belajar, membaca sholawat, bekerja, bersedekah, tersenyum, membantu orang lain, memasakkan untuk keluarga, mengajar, dan sebagainya.


So... balik lagi ke kamu, Sob. Mau anggap ini mitos atau fakta ^_^

Sumber :
http://m.menstruasi.com/node/6
http://www.iknow.co.id/tubuhmu_dan_kesehatanmu/menstruasi/mitos-seputar-menstruasi.aspx
http://mypotik.blogspot.com/2011/04/mitos-dan-fakta-tentang-menstruasi.html

1 komentar:

tour and travel di surabaya mengatakan...

wah.. mkcih yah dah dkci infox.. :D

Posting Komentar

 

Burung Pipit Berkicau